banner 728x250

Pj. Bupati Drs. Muhlis Buka Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Barito Utara

banner 120x600
banner 468x60

Muara Teweh – Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis, resmi membuka Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan di Halaman Sekolah SDN 5 Melayu, (23/07).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Pariadi AR., SKM, dalam laporannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Ruyanto, S.Sos, menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan:

banner 325x300
  • Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/1031/2024 tentang pelaksanaan pekan imunisasi nasional sebagai langkah penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio.
  • Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI nomor 400.5.1/2819/SJ tanggal 21 Juni 2024 mengenai pelaksanaan PIN Polio di seluruh Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk tanggap terhadap kasus dan meningkatkan kewaspadaan dini terhadap KLB Polio, serta memastikan pelaksanaan PIN Polio 2024 secara serentak di seluruh Indonesia melalui pencanangan ini.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Drs. Muhlis menyampaikan bahwa pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN) merupakan momen penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio di seluruh Indonesia. Ia menggarisbawahi pentingnya imunisasi dalam melindungi anak-anak dari penyakit polio dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

” Pemerintah Kabupaten Barito Utara berkomitmen untuk menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas serta memastikan kemudahan akses imunisasi bagi semua anak di kabupaten ini. Kami ingin mencegah penyebaran penyakit polio dan melindungi anak-anak dari dampaknya,” ungkap Drs. Muhlis.

Ia juga mengajak semua pihak—orang tua, tenaga kesehatan, dan masyarakat luas—untuk berperan aktif dalam mendukung program imunisasi nasional. Pj. Bupati berharap Pekan Imunisasi Nasional Polio ini dapat menjadi momentum untuk berbagi informasi, menginspirasi orang lain, dan merangkul lebih banyak anak-anak agar mendapatkan perlindungan yang mereka butuhkan.

Pembukaan pencanangan PIN Polio ditandai dengan pemberian imunisasi tetes polio oleh Pj. Bupati Barito Utara dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara, Marsiana Muhlis.

Acara ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh anak di Kabupaten Barito Utara mendapatkan vaksin polio yang diperlukan untuk mencegah penyakit polio dan mendukung upaya pencegahan penyakit ini secara luas.

banner 325x300