banner 728x250

DKUMPP Adakan Pasar Murah di Kecamatan Sambung Makmur untuk Stabilitas Harga Pangan

Pasar Murah di Desa Madurejo Sebagai Upaya Antisipasi Gejolak Harga dan Inflasi Pangan

banner 120x600
banner 468x60

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Desa Madurejo, Kecamatan Sambung Makmur, Sabtu (3/8/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dan penting, terutama dalam menghadapi event keagamaan dan nasional.

Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati, menjelaskan bahwa GPM adalah instrumen pemerintah untuk mengendalikan inflasi pangan dan menjaga pasokan. “Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengarahkan GPM sebagai salah satu cara untuk memastikan harga pangan tetap wajar di seluruh rantai pasok,” kata Made.

banner 325x300

Dalam pelaksanaannya, Bapanas berkolaborasi dengan dinas terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta organisasi masyarakat dan pelaku usaha pangan. “Kami berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan stakeholder terkait, membantu mengendalikan inflasi di Kabupaten Banjar,” tambah Made.

Pasar murah di Desa Madurejo melibatkan sekitar 10 tenant, termasuk instansi pemerintah, UMKM, dan pelaku usaha lainnya. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, menarik pembeli tidak hanya dari warga setempat tetapi juga dari desa-desa sekitar.

banner 325x300